sambal goreng ikan sarden2018

Anda penggemar makan ikan?kali ini saya akan berikan bagaimana memasak sambal goreng ikan sarden yang praktis dan tentunya lezat.
Bagaimana dengan anda yang selama ini mungkin selalu membeli sambal ikan di warung makan,kini anda sendiri bisa membuatnya sendiri dirumah anda.
Untuk itu marilah melihat panduan,sambal goreng ikan sarden2018 berikut ini.

*Bahan yang dibutuhkan :
1.250gram ikan sarden sedang
2.10batang cabai merah haluskan
3 .4siung bawang putih
4.5.siung bawang merah diiris
5.1cm kunyit
6.2buah tomat segar
7.1sdt merica bubuk
8.1sdgula pasir(secukupnya)
9.1/2sdt garam(secukupnya)
10.1batang serai
11.2cm lengkuas
12.1cm jahe
13.150ml minyak goreng
14.air asam jawa (secukupnya)

*CARA MEMBUATNYA :
1.siapkan wajan beri minyak untuk menggoreng ikan dengan api sedang sebelum ikan digoreng,ikan dimarinasi/dilumuri dengan garam,kunyit dan asam jawa agar aromanya harum dan bau amisnya hilang diamkan sebentar.setelah itu goreng dengan api sedang dan sebelum digoreng terlebih dahulu minyaknya dalam kondisi panas,masak hingga matang.lalu bawang putih, cabai,dan kunyit dihaluskan dan lengkuas,jahe,dan serai dimemarkan.tahap memasaknya.masak bawang merah ,setelah itu tambahkan bumbu yang dihaluskan sampai harum dan matang setelah itu tambahkan bumbu yang dimemarkan aduk rata kembali.  iriskan tomat dan sambil dihancurkan setelah itu tambahkan air asam jawa. aduk hingga rata lalu tambahkan merica, garam dan gula aduk kembali hingga semuanya tercanpur rata dan sambalnya menjadi masak dan berwarna merah pekat terakhir masukkan ikan yang sdh digoreng tadi aduk hingga rata dan matikan api.sajikan dipiring saji dan tata dengan irisan tomat segar.bagaimana  mudah bukan cara membuatnya.selamat mencoba ya.

                                                       "****SELAMAT MENIKMATI****"

No comments:

Post a Comment